Titik Singgung Sastra dan Agama

 

Beberapa teks karya sastra pernah dianggap melecehkan dan menistakan agama tertentu. Kritik-kritik sosial yang terpotret dalam suatu karya sastra ditengarai menyinggung salah satu pemeluk beragama. Hasilnya para penulis diboikot dan karya sastranya dilarang beredar. Ada yang berakhir di penjara atau dapat melenggang bebas dengan masih menyandang nama sebagai penista agama. Namun, adapula penulis yang berjuang mati-matian mempertahankan karyanya bahwa sastra adalah karya imajinasi dan dunia rekaan hingga ia dielu-elukan karena menjadi pembaharu yang menjembatani hubungan sastra dan agama.

Teks sastra memang mengandung ranah intrepretasi yang terus berkembang seiring zaman. Setiap pembaca dari dimensi waktu dan tempat yang berbeda berhak untuk memaknai teks sastra dengan interpretasi masing-masing. Pernyataan Roland Barthes dengan The Death of Author “penulis mati setelah sebuah karya lahir” menjadi terbuka untuk diperdebatkan kembali. Memang penulis harus mempertanggungjawabkan hasil karyanya, namun penafsiran tunggal terhadap sebuah teks sastra juga menciderai kebebasan mencipta kreatif. 

Sastra dan Penodaan Agama

Novelis kenamaan Salman Rushdie menjadi pemberitaan dunia ketika menerbitkan novelnya The Satanic Verses (Ayat-Ayat Setan). Karya tersebut menyinggung umat muslim sedunia karena dianggap melecehkan Tuhan, Nabi dan Malaikat dengan julukan yang tidak senonoh. Ia dicekal di beberapa negara, bahkan pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Khomeini mengeluarkan fatwa hukuman mati bagi Salman Rushdie. Beberapa pengusaha juga mengeluarkan sayembara dengan hadiah materi bagi siapa saja yang berhasil ‘menyelesaikan’ Salman Rushdie. Gelombang protes dari kalangan muslim bergejolak dimana-mana. Ketika melihat karya Salman Rushdie dipajang pada pagelaran Frankfurt Book Fair di Jerman tahun lalu, Iran menyatakan keberatan dan menolak hadir dalam ‘pesta buku’ sedunia itu.

Dalam kancah sastra Indonesia, beberapa karya sastra juga dianggap menodai agama hingga menimbulkan perdebatan yang berkepanjangan. Salah satunya adalah cerita pendek karangan A.A. Navis yang berjudul “Robohnya Surau Kami”. Bercerita tentang Haji Saleh yang rajin beribadah seumur hidup berdialog dengan Tuhan. Dalam cerita tersebut Haji Saleh tidak terima karena dimasukkan neraka padahal ia adalah orang yang rajin beribadah siang dan malam. Tuhanpun menjawab bahwa Haji Saleh membiarkan dirinya dan anak cucunya melarat padahal ia tinggal di Indonesia yang subur makmur. Cerpen ini mengkritik orang yang rajin beribadah siang malam namun alpa terhadap kepedulian sosial. Bagi sebagaian kalangan, cerpen ini terlalu keras mengkritik praktek keberagamaan yang dipandang suci nan agung bahkan menganggap AA. Navis berdosa. Di lain sisi, cerpen ini juga dipuji karena mengomentari model beragama yang menitikberatkan kehidupan akhirat tanpa peduli kehidupan dunia melalui karya sastra.

Adapula novel “Atheis” Achdiat Karta Mihardja yang memotret penganut ideologi-ideologi dan pergumulannya pada masa awal kemerdekaan. Novel terbitan Balai Pustaka tahun 1990 ini bercerita tentang Hasan seorang pemuda alim yang dididik orang tuanya untuk berpegang kuat pada ajaran agama Islam. Namun, seiring pertemuannya dengan teman masa kecilnya, dia mulai belajar tentang Marxisme, revolusi dan juga komunisme. Ia pun juga mulai memasuki dunia pergerakan organisasi saat mengenal Kartini. Sebagai muslim, Hasan mulai mendialogkan kepercayaannya dengan ideologi lainnya, walaupun ia digambarkan sebagai tokoh peragu dan bimbang.

Banyak orang alergi dan menjaga jarak dengan buku berjudul seperti ini. Bahkan, menuding novel ini akan membawa pembacanya menjadi atheis, tidak mengenal Tuhan atau jatuh pada lubang kekafiran. Namun, ada pepatah mengatakan “Don’t judge the book from its cover”, jangan melihat buku dari sampul dan judul bukunya. Setelah menyelami kata demi kata, novel ini secara filosofis memotret pergumulan antara barat, timur, modern, tradisional, islam, dan marxisme. Alih-alih merekomendasikan buku ini untuk dibaca, banyak juga yang mengharamkan buku ini padahal belum membaca isinya sama sekali. So, sebelum menunjuk buku yang menodai agama atau membawa kita kepada kegelapan kekafiran, mari kita telaah dahulu isi buku tersebut.

Hubungan sastra dan agama juga mengemuka saat ‘Paus Sastra Indonesia’ HB Jassin menerbitkan cerita pendek “Langit Makin Mendung” karya KiPandjikusmin dalam majalah Sastra. Cerita ini menimbulkan polemik yang panjang dalam jagat sastra Indonesia pada tahun 1968. Cerpen ini ditengarai menyinggung orang Islam karena imajinasi pengarang yang menampilkan Tuhan dan Nabi. Karya yang dimuat di majalah Sastra Th, VI No.8, Agustus 1968 ini mengundang respon banyak pihak bahkan Hamka, sastrawan yang ahli agama, menilai bahwa cerita pendek ini menghina agama karena menampilkan tokoh Tuhan, Nabi dan Malaikat. Walhasil, pimpinan redaktur majalah Sastra HB. Jassin haruslah bertanggungjawab dan diadili secara hukum. Polemik tentang kasus ini bergema begitu luas antara ahli agama dan pegiat seni di media massa hingga HB Jassin mengumpulkan tulisannya dalam buku “Heboh Sastra 1968, Suatu Pertanggunganjawab” yang berisikan kumpulan esai tentang hubungan karya seni dan kebebasan mencipta. Akhirnya, HB Jassin dijatuhi hukuman penjara bersyarat satu tahun walaupun KiPandjikusmin telah menulis surat permohonan maaf dan mencabut cerita pendeknya.

HB Jassin kembali ‘berulah’ saat mencoba menafsirkan AL-Qur’an melalui puisi-puisinya melalui buku “Bacaan Mulia” pada tahun 1982. Banyak ulama mempertanyakan kemampuan HB. Jassin dalam menerjemahkan kitab suci yang berbahasa islam klasik, walaupun banyak pula masyarakat di akar rumput yang memuji keberaniannya dalam ‘membumikan’ Al-Qur’an melalui puisi. Perdebatan mengemuka, HB Jassin dianggap kurang otoritatif dalam menafsirkan al-Qur’an. Dalam sebuah wawancara di majalah Horison, Gus Dur membela Jassin bahwa terjemahan itu bukan terjemahan resmi namun hanya bacaan (noble reading). Dalam tulisannya pula di Tempo (21 Agustus 1982) Gus Dur juga menyesalkan tidak terselesaikannya masalah ini secara mendalam padahal isu ini mengangkat tema yang menarik tentang sesuatu yang indah secara manusiawi yang berhadapan dengan sikap formal agama.

Ruang pertemuan antara sastra dan agama akan terus saling talik ulur sepanjang peradaban manusia. Hubungan keduanya bisa menjadi simbiosis mutualisme yang memperindah peradaban atau membuat pergolakan karena titik temu yang berlawanan. Karena sebuah ruang terpajang luas diantara imajinasi, teks dan interpretasi yang menimbulkan pemaknaan yang berbeda-beda bagi setiap pembaca.

 

Esai ini dimuat di Rubrik "Alinea" Riau Pos pada Minggu, 07 November 2021

 

                                                                        Sidoarjo, 10 November 2021 

Komentar

Postingan Populer